Monday 9 January 2012

Belajar #1 : Mengenal, Mendownload dan Menginstall Geogebra


Ok, untuk tutorial pertama ini adalah sekilas tentang GeoGebra dan memastikan geogebra terinstal di laptop/ PC Anda.
GeoGebra merupakan dynamic software untuk pembelajaran matematika. Mengapa kata "pembelajaran" saya garis bawahi? Karena GeoGebra memang digunakan untuk kepentingan penanaman konsep bagi siswa atau mahasiswa, di sekolah maupun di universitas. Untuk Anda yang biasa menggunakan Matlab atau Maple, pasti pertama menggunakan GeoGebra akan merasakan hal ini. Dapat dikatakan Maple atau Matlab didesain untuk kalangan teknis, bukan untuk siswa atau mahasiswa.

Beberapa kelebihan GeoGebra:
1. Free
Kelebihan ini harus disebutkan pertama kali, kalau ada yang gratis kenapa harus bayar? Hehe.... Jadi silahkan mendownload GeoGebra dengan nyaman :-)

2. Dapat digunakan pada berbagai sistem operasi (Windows, MacOS, Linux)
3. Didukung lebih dari 40 bahasa. Dan berita baiknya adalah bahasa Indonesia termasuk di dalamnya. Bahasa Jawa, bahasa Padang, apalagi bahasa sansekerta belum tercantum ^^v
4. Publish Web
File .ggb pada GeoGebra dapat dipublish sebagai web. Ini memudahkan siswa untuk menggunakannya, karena cukup menggunakan browser (IE, Mozilla, Chrome, dll) untuk berinteraksi. Dengan kata lain, pada komputer siswa tidak harus terinstal GeoGebra. Namun tentu saja harus dipastikan sudah terinstal Java versi terbaru.
5.  Easy to Use
Mungkin yang ini sedikit subyektif. Tetapi yang saya maksud dengan kemudahan di sini adalah setiap tombol dan syntax pada GeoGebra selalu disertai dengan instruksi dan bantuan penggunaan. So simple...

Sementara, kelemahan GeoGebra menurut saya adalah:
1. Belum support 3D. Hmm, sebenarnya sudah mulai dilunculrkan sih versi beta GeoGebra 3D, kita tunggu saja.
2. Harus selalu mengupdate Java, kecuali menginstall versi offline. 

Mendownload dan Menginstal GeoGebra
Untuk menginstal GeoGebra, silahkan menuju ke situs GeoGebra .



Klik pada tombol tipe penginstalan yang Anda kehendaki. Terdapat 3 tipe penginstalan GeoGebra :
1. WebStart

Penginstalan WebStart  memungkinkan GeoGebra terinstal pada komputer namun selalu terupdate apabila komputer terhubung dengan Internet. Klik pada tombol WebStart kemudian unduh filenya, kemudian instal. InsyaAlloh mudah, tinggal klik next and next. Hanya saja, apabila Java pada komputer Anda belum terupdate, Anda akan diarahkan untuk menginstal Java terlebih dahulu dari situs ini .  Selesaikan menginstal Java, kemudian kembali lanjutkan proses penginstalan GeoGebra.
.

2. Offline
Apabila komputer Anda tidak memiliki akses Internet, silahkan klik penginstalan ini. GeoGebra versi terakhir akan terinstal, namun tidak akan ada update otomatis.Silahkan download kedua file berikut untuk penginstalan secara offline.
a. Download GeoGebra offline installer (pilih sesuai OS)
b. Download Java offline

3. Applet
Layaknya applet lain, ini full untuk digunakan di browser, jadi tidak perlu "diinstal".

Silahkan mencoba. Intinya, dalam menginstall GeoGebra, pastikan Anda memiliki: 1) instaler GeoGebra nya, dan 2) Java terupdate . Simpel kan?

No comments:

Post a Comment